Wisata Murah Di Jakarta

Wisata Murah Di Jakarta

Kebun binatang Ragunan merupakan salah satu lokasi wisata murah di Jakarta. Kawasan ini memiliki koleksi binatang yang cukup lengkap, disamping juga lokasinya yang nyaman sebagai tempat wisata murah. Keberadaan pohon yang rindang dan halaman yang cukup luas, membuat pengunjung bisa menikmati wisata di tempat tersebut dan bersantai bersama keluarga sambil beristirahat menikmati bekal atau makanan yang disediakan di kawasan tersebut.

Kebun binatang ini, berada di kawasan Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Lokasi kebun binatang ini tepatnya berada di Jalan R.M Harsono No.1 Ragunan. Konsep yang ada di kebun binatang ini adalah menyatukan lokasi rekreasi dan kebun binatang.

Dengan lokasi yang masih berada di kawasan Jakarta, kawasan kebun binatang ini menjadi salah satu tujuan wisata masyarakat yang ingin mengenal dunia binatang dan berlibur bersama keluarga. Kebun binatang ini sendiri, sudah berdiri sejak Indonesia belum meraih kemerdekaan, tepatnya sejak tahun 1864.

Dengan luas mencapai 140 hektar, kebun binatang Ragunan memiliki koleksi satwa yang cukup banyak. Tercatat tidak kurang ada 295 spesies serta 4040 spesimen yang menjadi koleksi kebun binatang pertama di Indonesia ini.

Sejarah Ragunan

Pada awal berdirinya, kebun binatang Ragunan ini memiliki nama Planten En Dierentuin yang diambil dari bahasa Belanda. Artinya adalah Tanaman dan Kebun Binatang. Sebelum menempati lokasi yang sekarang ini, kebun binatang tersebut berada di kawasan Cikini dengan hanya memiliki wilayah seluas 10 hektar. Lokasi awal di Cikini sendiri didapatkan dari pemberian seorang pelukis besar di Indonesia yang sangat mencintai lingkungan yaitu Raden Saleh.

Di awal pendiriannya, kebun Binatang Cikini tersebut dikelola oleh Perhimpunan Penyayang Flora dan Fauna Batavia. Mereka merupakan kelompok yang menjadi bagian dari Culturule Vereniging Planten en Dierentuin at Batavia.

Nama Planten En Dierentuin, berubaha menjadi Kebun Binatang Cikini pada tahun 1949 seiring dengan kemerdekaan bangsa Indonesia. Seiring dengan kebutuhan tempat, maka pada tahun 1969, lokasi kebun binatang pun dipindah ke kawasan Ragunan hingga sekarang ini yang dianggap lebih luas. Dimana lokasi yang ditempati sekarang ini, sebagian didapat dari hibah pemerintah DKI Jakarta yang memberikan lahan seluas 30 hektar. Kawasan ini diresmikan pada tanggal 22 Juni 1966 oleh Gubernur DKI saat itu, Ali Sadikin.

Hari Satwa Ragunan

Salah satu keunikan kebun binatang Ragunan adalah adanya hari satwa. Sebagai kebun binatang terbesar kedua di dunia, pengelola kebun binatang Ragunan berusaha untuk terus menjaga kualitas satwanya. Salah satunya adalah dengan membuat kebijakan hari satwa.

Kebijakan hari Satwa di kebun binatang Ragunan ini berlaku setiap hari Senin. Dimana pada hari Senin, kebun binatang ini dinyatakan ditutup untuk umum dan tidak boleh dikunjungi.

Tujuan dari kebijakan ini adalah untuk memberikan kesempatan pada satwa tersebut untuk beristirahat dan tidak mendapatkan interaksi dengan manusia. Karena adanya interaksi dengan manusia yang terlalu berlebihan, bisa membuat satwa merasa stres dan menurunkan kualitas kesehatan binatang tersebut.

Kebijakan ini sendiri mulai berlaku sejak tahun 2004. Selama sehari setiap minggunya, semua hewan koleksi kebun binatang Ragunan akan diberi kesempatan beristirahat dan menyegarkan diri mereka. Sehingga pada akhirnya, semua binatang di Ragunan bebas dari stres dan bisa menjadi tujuan wisata murah di Jakarta yang berkualitas dan memberikan nilai edukasi pada anak-anak.

Leave a Reply